jeleknya tampang saya bukan masalah saya

Saya adalah seseorang dengan self-esteem yang rendah. Sering kali saya merasa wajah saya tidak menarik, bahkan cenderung tidak enak dipandang. Ada kalanya berdandan berlebihan dengan tujuan untuk dipuji. Yang akhirnya malahan tidak menjadi diri sendiri. Perlu waktu yang cukup panjang untuk saya merenungkan bahwa tidak ada yang salah dengan wajah saya. Hanya untuk sampai kesimpulan wajah saya memang begini adanya. Mungkin kebetulan saja saya memang berada di lingkungan dengan teman-teman yang lebih cantik dari saya. Namun, tidak seharusnya saya tidak percaya diri. Saya harus menerima diri dan belajar menyukai diri saya sendiri.

Masalah tentang betapa tidak percaya diri itu berpengaruh ke dalam kehidupan percintaan saya. Beberapa tahun lalu, kehidupan percintaan saya sangat pelik didasari akan ketidak mampuan saya untuk mengambil keputusan tegas untuk mengakhiri sebuah hubungan (yang sebenarnya tidak pernah ada). Alasan saya karena saya merasa diterima dengan menjadi diri saya yang jelek. Zona nyaman yang semu sebenarnya. Tapi itu masa lalu.

Ketika pengalaman itu berlalu saya belajar menerima diri saya dan ternyata rasanya menyenangkan. Saya tidak peduli dengan penerimaan orang lain selama tidak mengganggunya. Saya tetap tampil jadi diri saya, namun dengan perasaan nyaman yang lebih baru. Pakai baju yang nyaman asal sopan. Tidak peduli anggapan orang tentang kulit saya yang gelap dan kadang berjerawat. Sering kali tidak menyisir rambut. Membiarkan wajah polos tanpa kosmetik. Lebih jauh saya berakhir dengan belajar untuk lebih mencintai diri sendiri dengan kekurangan saya, terutama dalam hal penampilan yang tidak cantik. Realistis dan membahagiakan.

Saya tidak mengetahui sampai berapa lama keadaan ini akan berlangsung. Saya sadar lingkungan mungkin akan menuntut saya merubah penampilan. Akan ada lingkungan pekerjaan tertentu, teman baru, atau apapun itu yang pasti membawa perubahan. Namun, selama itu belum terjadi saya akan menikmati penampilan saya saat ini. Akhir kata, saya harap Anda juga menikmati penampilan Anda apa adanya. Please, feel good about yourself whomever you are. 🙂

Leave a Reply

